Take a fresh look at your lifestyle.

Di Perbukitan Warga Jambi Harus Mengambil Air

Di Perbukitan Warga Jambi Harus Mengambil Air – Masyarakat di Desa Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Jambi alami kesusahan air bersih. Mereka bahkan juga harus ikhlas berjalan kaki ke arah tempat perbukitan yang masih ada sumber mata air.

Efendi (48) masyarakat seputar menjelaskan bila dianya ambil air di perbukitan itu sebab sumber air bersih benar-benar susah didapat. Ditambah lagi keadaan cuaca yang mulai masuk musim kemarau membuat masyarakat terpaksa harus mengantre dalam memperoleh air bersih.

“Sumber mata air ini cuma berada di perbukitan, jadi air di sini dapat dipakai untuk dikonsumsi. Jika untuk mandi serta membersihkan umumnya memakai air sungai saja masih ada,” tuturnya, Senin (15/7/2019).

Hampir semua masyarakat di desa itu konsumsi air bersih lewat cara ambil air diperbukitan. Semua masyarakat bahkan juga harus ikhlas tempuh jarak cukup jauh untuk dapat datang di perbukitan itu.

Mereka bahkan juga harus ikhlas mengantre untuk dapat memperoleh air bersih itu. Sumber mata air di perbukitan itu memang lama berada di sana. Masyarakat merasakan terbantu terdapatnya sumber mata air itu sebab bisa dikonsumsi oleh masyarakat desa.

“Tempat mata air bersih ini ada 2, umumnya di sini serta satu berada di tempat yang berlainan. Jika dibagian tempat saya mengambil ini mata airnya kurang deras, jika di tempat lain itu mata airnya cukup deras. Tetapi dari sana antreannya banyak, jadi sangat terpaksa mengambil di sini walaupun tempatnya jauh,” katanya.

Walau sebenarnya di desa itu dialirin air sungai yang besar. Sungai itu diketahui dengan panggilan Sungai Manau di Kabupaten Merangin, Jambi.

Akan tetapi, sekarang ini air sungai itu tidak wajar untuk dikonsumsi karena telah terkontaminasi dengan ramainya penambangan emas tanpa ada izin (PETI) di sungai itu.

You might also like